Minggu, 02 November 2014

APA ITU KEFIR ?

Apa itu Kefir ?

Kefir disebut juga The Campagne of Cultured Milk  atau minuman yang paling bernilai dari berbagai jenis susu fermentasi. Kefir sering disamakan dengan produk fermentasi yoghurt, namun kefir memiliki khasiat kesehatan dalam skala yang lebih luas. Kefir, yang dalam bahasa Turki keif mempunyai arti “perasaan yang baik atau senang”, belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Kefir berasal dari kawasan Eropa Tenggara, yang dikenal dengan Kaukasus, yang terletak antara Laut Hitam dan Laut Kaspia. Masyarakat bagian utara Pegunungan Kaukasus, yang umumnya Muslim telah mengkonsumsi kefir sejak berabad-abad dan terbukti stamina serta kesehatan tubuh mereka terjaga dengan baik.

Dalam beberapa literatur, kefir dimasukan dalam kelompok makanan fungsional (functional food) dan probiotik. Pengertian makanan fungsional, menurut Codex FAO, adalah makanan yang dikonsumsi sebagai bagian dari diet (pola makan) yang berdampak positif secara psikologis dan atau menurunkan resiko penyakit kronis, di luar fungsi gizi inti dalam makanan tersebut. Pengertian probiotik sendiri menurut Codex adalah mikroorganisme hidup yang tercatat dalam jumlah yang cukup dan memberikan nilai yang positif bagi kesehatan dalam tubuh.

Salam sehat,
Kefir Purwokerto

0 komentar:

Posting Komentar