Minggu, 08 Juni 2014

Perbedaan Yakult, Yogurt dan Kefir


Yakult pertama kali diproduksi oleh Minoru Shirota tahun 1930-an. Yakult mempunyai kandungan bakteri Lactobacillus Casei yang mempunyai khasiat diantaranya : untuk membantu dalam proses pencernaan. Kandungan Yakult : Gula (Sukrosa/Dektrosa), Susu Bubuk SkimPerasa AlamiLactobacillus casei

Yogurt, adalah produk susu yang dihasilkan oleh fermentasi bakteri susu dan bakterinya dikenal dengan nama “Yogurt Cultures” kandungan bakteri dalam Yogurt yaitu Lactobacillus delbrueckii subsp. Bulgaricus dan Streptococcus salivarius subsp. thermophilus. Selain itu,Lactobacillus acidophilus dan bifido. Kandungan dari Yogurt diantaranya nutrisi kaya protein, kalsium, riboflavin, vitamin B6 dan vitamin B12.

Kefir, adalah pangan fungsional probiotik, terbuat dari susu yang difermentasi dengan Kefir Grains, yang mengandung sekitar 40 jenis bakteri (beneficial bacteria) serta ragi (yeast) yang bermanfaat.

Beberapa bakteri baik yang terkandung di dalam biji kefir, antara lain: Lactobacillus brevis, Lb. helveticus, Lb. kefir, Lb. viridescens, Lb. casei, Lb. kefiranofaciens, Lb. kefirgranum,Lb. parakefir, Lb. plantarum, Lb. acidophilus, Lb. delbrueckii, Lb. rhamnosis, Lb. paracasei, Lb. fructirorans, Lb. hilgardii, Lb. fermentum, Lb. riridescens, Lactococcus lactis subsp. lactis, Lactococcus lactis subsp. cremoris, Streptococcus thermophilus, Enterococci durans, Leuconostocs sp., Leuconostocs mesenteroides, Acetobacter sp., Bacillus sp., Bacillus subtilis, Micrococcus sp., Escherechia coli, Kluyveromyces lactis, Kluyveromyces marxianus, dan Pichia fermentans.

Bakteri-bakteri tersebut bersama dengan khamir bekerja sama secara simbiosis. Bakteri asam laktat tersebut menghasilkan asam laktat yang merangsang pertumbuhan khamir. Sementara khamir menghasilkan faktor pendukung pertumbuhan bakteri asam laktat.

0 komentar:

Posting Komentar