Selasa, 06 Januari 2015

SUSU KOLOSTRUM - Kolostrumnya aja begitu hebat... apalagi dibikin KEFIR...

Kefir Susu Kolostrum dapat diperoleh di KEFIR PURWOKERTO

Kolostrum adalah susu yang dihasilkan induk mamalia dalam 3×24 jam pertama setelah melahirkan (pascapersalinan). Terkadang disebut juga sebagai “susu imun” karena kandungan faktor kekebalan tubuh (faktor imun) yang ditemukan jauh lebih banyak proporsinya dibandingkan dengan susu setelah 3 hari pascapersalinan tersebut. Banyaknya faktor pertumbuhan dalam kolostrum juga ikut memberikan deferensiasi susu imun ini dari susu pada umumnya. Selain juga tentunya kombinasi zat gizi (nutrien) yang sempurna sebagaimana susu.

Secara umum, mengonsumsi kolostrum akan membantu tubuh dalam memulihkan dan menjaga kesehatan. Hal ini dimungkinkan karena komposisi yang sangat unik seperti terdapatnya Imunoglobulin-G (IgG) dan laktoferin. Banyak nutrien kolostrum yang juga merupakan nutrien susu telah dibuktikan secara ilmiah memiliki fungsi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Sejarah kebudayaan manusia juga telah menunjukkan peran susu secara umum dalam kehidupannya. Bahkan secara religius, dalam ayat suci Al Qur’an, terdapat 2 ayat yang menyebutkan tentang pemanfaatan susu (An Nahl:66 dan Al Mu’minun:21).

Kolostrum, dikonsumsi sebagaimana layaknya susu karena ia merupakan kombinasi unik antara susu skim dan kolostrum alami melalui serangkaian proses berteknologi tinggi sehingga tercapai kualitas terbaik dalam hal kandungan nutrien dan penyajiannya. Satu hingga dua sacchet sehari telah mencukupi untuk membantu pemeliharaan kesehatan bagi orang dewasa yang saat ini senantiasa dihadapkan dengan suasana hidup (seperti stres psikologis) dan lingkungan hidup (seperti polusi dan infeksi). Tentunya untuk nutrien yang telah diketahui angka kecukupan hariannya disesuaikan dengan referensi yang ada.

Kita konsumsi susu kolostrum sapi karena beberapa alasan. Pertama, banyaknya kesesuaian antara susu dan kolostrum sapi dengan susu dan kolostrum manusia. Ini pula yang menjadi latar belakang kenyataan bahwa produk susu sapi mendominasi konsumsi susu oleh manusia dibandingkan dari produksi susu hewan lainnya. Kedua, kebutuhan konsumsi kolostrum yang besar sedangkan suplai terbatas hanya dapat diatasi melalui pemanfaatan kolostrum sapi yang secara kuantitas jauh lebih banyak dan secara kualitas dengan petanda mutu berupa IgG dibuktikan sangat tinggi dibandingkan manusia.

parameter kolostrum susu
Protein total (%) 14,0 3,2
Imunoglobulin (Ig;%) 6,0 0,09
IgG (g/100mL) 3,2 0,06

Diadaptasi dari Folley dan Oterby, 1978

Kefir Susu Kolostrum dapat diperoleh di KEFIR PURWOKERTO

Salam Sehat

0 komentar:

Posting Komentar